Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah :
SDIT AL-IKHLAS
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VI/1
Pertemuan
ke- :
1
Alokasi
Waktu : 2
x 40 menit
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan
informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan
parafrase.
Kompetensi Dasar : 1.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu
anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dll) dengan benar.
I.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, peserta didik
mampu:
·
Mendefinisikan pengertian dari wesel pos
dan jenis-jenis wesel pos serta dapat menyebutkan bagian-bagaian dari wesel
pos.
·
Mengisi formulir wesel pos dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan:
-
Mandiri
-
Ketelitian
-
Percaya Diri
-
Tanggung Jawab
II.
Materi
Ajar
Wesel Pos adalah salah satu sarana untuk
mengirimkan uang melalui kantor pos. Wesel pos merupakan surat pos untuk
mengirimkan uang yang berupa blanko yang dikeluarkan oleh PT.Pos.
Jenis-jenis wesel pos:
1. Wesel
Pos Prima adalah wesel pos yang sudah ada waktu kirim tambahan atau bisa
diuangkan waktu sesampainya dikantor pos.
2. Wesel
Pos Standar adalah wesel pos yang baru dapat diuangkan pada waktu yang telah ditentukan.
3. Wesel
Pos Instan adalah sarana pengiriman uang lewat kantor pos yang bisa diterima
pada saat itu juga oleh penerima.
Bagian-bagian
dari formulir wesel pos:
1. Nama
pengirim.
2. Alamat
pengirim.
3. Telp/fax
pengirim.
4. Email
pengirim.
5. Nama
penerima.
6. Alamat
penerima.
7. Telp/fax
penerima.
8. Email
penerima.
9. Besar
uang yang akan dikirim mengunakan angka dan huruf.
10. Layanan
yang ingin dipakai.
11. Berita
yang ingin disampaikan.
12. Tanggal
dan tanda tangan pengirim
13. Tanda
tangan petugas pos.
III.
Metode
Pembelajaran
-
Informasi
-
Demonstrasi
-
Pemmodelan
-
Latihan
IV.
Kegiatan
Pembelajaran:
1.
Kegiatan
Awal:
·
Guru bersama peserta didik memberi dan
menjawab salam serta memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah.
·
Guru bertanya tentang keadaan peserta
didik.
·
Guru mendata peserta didik yang hadir.
·
Apersepsi: - Bertanya jawab tentang pengiriman uang selain
wesel pos.
- Bertanya
jawab tentang cara pengiriman uang bila belum mempunyai nomor rekening Bank.
·
Motivasi: - Memotivasi
peserta didik dengan melakukan tanya jawab tentang
wesel pos.
2.
Kegiatan
Inti:
·
Eksplorasi:
- Peserta
didik mampu menyebutkan berbagai macam cara pengiriman uang, seperti melalui
Bank, transfer mengunakan ATM dan melalui kantor pos.
- Guru
bertanya jawab tentang tata cara pengiriman uang melalui wesel pos.
- Guru
menyebutkan tata cara pengiriman uang melalui wesel pos.
·
Elaborasi:
- Guru
memfasilitasi peserta didik dengan memberikan formulir wesel pos.
- Guru
bertanya jawab tentang bagian-bagian yang ada pada formulir wesel pos.
- Guru
menjelaskan bagian-bagian yang ada pada formulir wesel pos.
- Guru
menjelaskan tentang tata cara penulisan wesel pos.
- Peserta
didik mengisi formulir wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan.
- Peserta
didik setelah selesai mengisi wesel pos tugas ditukar dengan teman lain dan
dikoreksi teman.
- Peserta
didik menyampaikan hasil kerjanya dalam membuat wesel pos.
·
Konfirmasi:
- Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
- Guru
bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan.
3.
Kegiatan
Akhir:
·
Guru bersama dengan peserta didik
menyimpulkan materi wesel pos.
·
Guru melakukan penilaian terhadap hasil
kerja peserta didik.
·
Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pertemuan berikutnya.
·
Guru bersama peserta didik menutup matri
pelajaran dan memberikan salam.
V.
Sumber/
Bahan/ Alat
-
Formulir wesel pos
-
Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52,
Penerbit Erlangga.
VI.
Penilaian
·
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran.
No.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Bobot
|
1.
|
Peserta
didik mampu mengisi wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan.
|
Tes Tulis
|
Isian
|
Isilah
wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan!
|
10
|
2.
|
Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian dari wesel pos.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
Jelaskan
pengertian dari wesel pos!
|
5
|
3.
|
Peserta
didik mampu menyebutkan bagian-bagian dari wesel pos.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
Sebutkan
bagian-bagian yang terdapat pada formulir wesel pos.
|
5
|
·
Aspek Penilaian: bentuk tes lisan dan
tertulis.
No.
|
Aspek
Penilaian
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Mengisi
wesel pos dengan benar
|
a.
Baik
b.
Kurang Baik
c.
Tidak baik
|
5
4
1
|
2.
|
Mendefinisikan
tentang wesel pos
|
a.
Tepat
b.
Kurang Tepat
c.
Tidak tepat
|
3
2
0
|
3.
|
Menyebutkan
bagian-bagian dari wesel pos.
|
a.
Semua Benar
b.
Sebagian besar benar
c.
Sebagian besar salah
|
3
2
0
|
Catatan:
Skor
maksimum 10+5+5= 20
|
|
Mengetahui, Jakarta,
17 April 2013
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Indonesia
Eko
Maryanto, S.Pd. Rifqi
Faizah
0 komentar:
Posting Komentar