Selasa, 07 Mei 2013

RPP Menulis

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah           : SDIT AL-IKHLAS
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : VI/1
Pertemuan ke-           : 1
Alokasi Waktu           : 2 x 40 menit
Standar Kompetensi : 1. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog dan parafrase.
Kompetensi Dasar     : 1.1. Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos, daftar riwayat hidup dll) dengan benar.

I.         Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, peserta didik mampu:
·         Mendefinisikan pengertian dari wesel pos dan jenis-jenis wesel pos serta dapat menyebutkan bagian-bagaian dari wesel pos.
·         Mengisi formulir wesel pos dengan benar.

v  Karakter siswa yang diharapkan:  -    Mandiri
-          Ketelitian
-          Percaya Diri
-          Tanggung Jawab

II.      Materi Ajar
Wesel Pos adalah salah satu sarana untuk mengirimkan uang melalui kantor pos. Wesel pos merupakan surat pos untuk mengirimkan uang yang berupa blanko yang dikeluarkan oleh PT.Pos.

Jenis-jenis wesel pos:
1.      Wesel Pos Prima adalah wesel pos yang sudah ada waktu kirim tambahan atau bisa diuangkan waktu sesampainya dikantor pos.
2.      Wesel Pos Standar adalah wesel pos yang baru dapat diuangkan pada waktu yang telah ditentukan.
3.      Wesel Pos Instan adalah sarana pengiriman uang lewat kantor pos yang bisa diterima pada saat itu juga oleh penerima.
Bagian-bagian dari formulir wesel pos:
1.      Nama pengirim.
2.      Alamat pengirim.
3.      Telp/fax pengirim.
4.      Email pengirim.
5.      Nama penerima.
6.      Alamat penerima.
7.      Telp/fax penerima.
8.      Email penerima.
9.      Besar uang yang akan dikirim mengunakan angka dan huruf.
10.  Layanan yang ingin dipakai.
11.  Berita yang ingin disampaikan.
12.  Tanggal dan tanda tangan pengirim
13.  Tanda tangan petugas pos.

III.   Metode Pembelajaran
-            Informasi
-            Demonstrasi
-            Pemmodelan
-            Latihan

IV.   Kegiatan Pembelajaran:
1.      Kegiatan Awal:
·         Guru bersama peserta didik memberi dan menjawab salam serta memulai pelajaran dengan mengucapkan basmallah.
·         Guru bertanya tentang keadaan peserta didik.
·         Guru mendata peserta didik yang hadir.
·         Apersepsi:  -   Bertanya jawab tentang pengiriman uang selain wesel pos.
-       Bertanya jawab tentang cara pengiriman uang bila belum mempunyai nomor rekening Bank.
·           Motivasi:   -  Memotivasi peserta didik dengan melakukan tanya jawab tentang
 wesel pos.
2.      Kegiatan Inti:
·         Eksplorasi:
-       Peserta didik mampu menyebutkan berbagai macam cara pengiriman uang, seperti melalui Bank, transfer mengunakan ATM dan melalui kantor pos.
-       Guru bertanya jawab tentang tata cara pengiriman uang melalui wesel pos.
-       Guru menyebutkan tata cara pengiriman uang melalui wesel pos.
·         Elaborasi:
-       Guru memfasilitasi peserta didik dengan memberikan formulir wesel pos.
-       Guru bertanya jawab tentang bagian-bagian yang ada pada formulir wesel pos.
-       Guru menjelaskan bagian-bagian yang ada pada formulir wesel pos.
-       Guru menjelaskan tentang tata cara penulisan wesel pos.
-       Peserta didik mengisi formulir wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan.
-       Peserta didik setelah selesai mengisi wesel pos tugas ditukar dengan teman lain dan dikoreksi teman.
-       Peserta didik menyampaikan hasil kerjanya dalam membuat wesel pos.
·         Konfirmasi:
-       Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
-       Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.

3.      Kegiatan Akhir:
·         Guru bersama dengan peserta didik menyimpulkan materi wesel pos.
·         Guru melakukan penilaian terhadap hasil kerja peserta didik.
·         Guru menyampaikan rencana pembelajaran pertemuan berikutnya.
·         Guru bersama peserta didik menutup matri pelajaran dan memberikan salam.

V.      Sumber/ Bahan/ Alat
-          Formulir wesel pos
-          Buku Bina Bahasa Indonesia hal.50-52, Penerbit Erlangga.

VI.   Penilaian
·         Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran.
No.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen
Bobot
1.
Peserta didik mampu mengisi wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan.
Tes Tulis
Isian
Isilah wesel pos bedasarkan keterangan yang sudah ditentukan!
10
2.
Peserta didik mampu menjelaskan pengertian dari wesel pos.
Tes Lisan
Uraian
Jelaskan pengertian dari wesel pos!
5
3.
Peserta didik mampu menyebutkan bagian-bagian dari wesel pos.
Tes Lisan
Uraian
Sebutkan bagian-bagian yang terdapat pada formulir wesel pos.
5

·         Aspek Penilaian: bentuk tes lisan dan tertulis.
No.
Aspek Penilaian
Kriteria
Skor
1.
Mengisi wesel pos dengan benar
a.       Baik
b.      Kurang Baik
c.       Tidak baik
5
4
1
2.
Mendefinisikan tentang wesel pos
a.       Tepat
b.      Kurang Tepat
c.       Tidak tepat
3
2
0
3.
Menyebutkan bagian-bagian dari wesel pos.
a.       Semua Benar
b.      Sebagian besar benar
c.       Sebagian besar salah
3
2
0

Catatan:
Skor maksimum 10+5+5= 20
Skor Maksimum
 
x 100
 
Nilai akhir:      Skor yang diperoleh

Mengetahui,                                                                                       Jakarta, 17 April 2013
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Bahasa Indonesia




Eko Maryanto, S.Pd.                                                                                    Rifqi Faizah

0 komentar:

Posting Komentar