Selasa, 07 Mei 2013

Esai Di Bibir Laut Merah


DI  BIBIR  LAUT  MERAH  

Cerpen M. Shoim Anwar

       Laut menghampar dari pantai hingga batas tak terhingga. Ini adalah Laut Merah. Ombak besar tak juga datang. Hanya semacam geligir bergerak di permukaan. Udara terasa panas. Butir-butir pasir digoreng matahari. Tak ada peneduh yang berarti. Pantai menyengat sepanjang garisnya. Dermaga yang menjorok ke tengah tampak sepi. Katrol di ujung dermaga juga masih berdiri kokoh dalam kehampaan. Tiang-tiang pengikat seperti tak pernah jenuh menanti kapal-kapal yang merapat dari negeri jauh melalui Lautan Hindia atau Terusan Suez, atau dari negeri di sebelah barat, mungkin Mesir, Sudan, Eritrea, atau angkutan domestik yang memilih jalur laut. Di bibir Laut Merah, dari Yaman hingga perbatasan Yordania, cuaca terasa membara.  
       Sementara tak jauh di sebelah utara sana terlihat sekelompok bangunan  di rimbuni pohon-pohon kurma. Burung-burung datang dan pergi dari sana. Seekor gagak masih tampak menuju ke arahnya. Sedangkan beberapa burung laut berpunggung perak beterbangan menyisir permukaan air. Seorang polisi berseragam biru tua berdiri di depan posnya. Sesekali dia meninggalkan tempatnya beberapa meter, mungkin membunuh kejenuhan, lantas kembali ke tempat semula.
      Perempuan itu masih juga berdiri di atas tanggul. Pada ujungnya yang terkesan patah karena belum selesai, dia menatap ke arah laut. Tubuhnya tampak jauh mencuat karena tinggi tanggul jauh dari permukaan tanah. Dia telah naik dengan agak susah setelah bersembunyi pada bangunan patung-patung abstrak yang menyebar di wilayah pantai. Dengan cepat dia berjalan mengikuti alur tanggul. Makin lama makin tinggi karena tanah pemijaknya mengalami abrasi. Sekarang dia berada di ujungnya. Perempuan itu kini melihat ke bawah. Ada rasa merinding di tengkuknya ketika dia melihat ke bawah.    
     “Hai…!”  seru polisi dari arah pos. Perempuan tadi menoleh dengan tatapan dingin, tak menjawab. Tampak ada sesuatu yang mengusik dirinya. Polisi  berjalan mendekat sambil telunjuknya diacung-acungkan ke kiri-kanan. Bibir perempuan tadi seperti mau bergetar.
     “Ismiy  Sulastri. Ana Indonesiya,” kata perempuan tadi terbata-bata, menujukkan nama dan asalnya.
     “Sulatsriy…?” sang polisi menegaskan. Perempuan itu mengangguk.   
      “Wa maadzaa sataf’aliina ya Sulatsriy?” sang polisi kembali bertanya apa yang akan dikerjakan Sulastri. Perempuan itu tak menjawab. Polisi berbaret biru dan berkulit gelap itu memberi isyarat agar Sulastri turun dari tanggul.
      “Na’am?” lelaki itu meminta.
      “Laa,” Sulastri menggeleng pelan.
      Permintaan diulang beberapa kali. Sulastri tetap menolak untuk turun. Sang polisi mulai kehilangan kesabaran. Raut wajahnya yang coklat gelap tampak menegang. Dia  berjalan cepat menuju patahan tanggul yang belum selesai, kemudian menaiki bongkahan-bongkahan batu. Terdengar dia menyeru kembali. Muncul kekhawatiran pada diri Sulastri. Ketika polisi itu hampir sampai di atas tanggul, Sulastri bergerak menjauh, makin cepat dan cepat. Sang polisi mengikuti dengan langkah cepat pula. Keduanya tampak seperti berkejaran. Sesampai di ujung, Sulastri menyelinap  kembali pada area patung-patung abstrak. Polisi pun kembali ke posnya.    
      Sulastri tahu, polisi tak akan menangkapnya tanpa imbalan. Dia hanya menghindar sesaat dari tindakan fisik. Polisi tak mungkin menyerahkannya pada kedutaan untuk dideportasi. Seperti juga teman-teman senasib, Sulastri menggelandang. Kalau ingin ditangkap dan dideportasi, dia harus bergabung dengan beberapa teman, mengumpulkan uang setidaknya seribu real per orang, lalu diserahkan pada para  perantara yang bekerja ala mafia. Para perantara inilah yang akan menghubungi polisi agar menangkap sekumpulan orang yang sudah diatur tempat dan waktunya. Dari seribu real per orang, konon polisi akan mendapat tujuh ratus real per orang, sisanya untuk para perantara. Polisi akan mengirim orang-orang tangkapan ini ke kedutaan dengan surat deportasi. Kedutaanlah yang berkewajiban menerbangkan mereka ke tanah air. Celakanya, ketika uang sudah diserahkan tapi penangkapan tak kunjung tiba. Lebih celaka lagi, para perantara ternyata berasal dari negeri Sulastri sendiri.  
       Cuaca makin panas. Laut Merah tampak berkilau-kilau memantulkan sinar matahari. Hamparan pasir mendidih, meliuk-liuk di permukannya. Sejenak angin bertiup tipis. Serpihan-serpihan sampah bergerak menjauhi pantai. Di ujung tanggul  Sulastri kembali berdiri. Persis di tempat yang tadi ditinggalkan. Sang polisi melihatnya dari kejauhan. Kali ini lelaki itu tak ingin repot, bibirnya mengatup hingga kumisnya tampak makin tebal.   
       Di bibir Laut Merah, Sulastri  teringat ketika tercenung di tepi Bengawan Solo. Dari Desa Tegal Rejo dia menatap ke seberang sungai ke arah Desa Titik. Tampak ada kuburan yang dirimbuni pepohonan besar. Di sana ada seorang lelaki bertapa menginginkan kehadiran benda-benda pusaka, membiarkan istri dan anak-anaknya jatuh bangun mempertahankan nyawa. Lelaki itu bernama Markam, suami Sulastri. Suatu kali Markam pulang dengan berenang menyeberangi Bengawan Solo.
       “Sudah dapat?” tanya Sulastri. Seperti biasa, Markam tak menjawab. Wajahnya tampak pucat. Kumis dan jenggotnya memanjang menutup sepasang bibir yang bungkam. Tetesan air masih jatuh dari pakaiannya yang basah.
      “Tanam tembakau di tepi bengawan makin tak berharga. Dipermainkan pabrik rokok. Aku tak sanggup begini terus. Apakah anak-anak akan kauberi makan keris dan tombak tua?”
      Kesabaran Sulastri mengikis. Kali ini dia mengambil buku yang dulu sering dibaca dan diceritakan Markam. Buku yang telah kumal itu disodorkan ke muka suaminya hingga menyentuh ujung janggut.
      “Kau bukan Siddhartha, sang pertapa Gotama dari Kerajaan Sakya yang pergi bertapa meninggalkan kemewahan. Istri dan anaknya ditinggal dengan harta berlimpah. Tapi kau meninggalkan kemelaratan untuk aku dan anak-anak!”      
      Markam hanya menjulingkan bola matanya, masuk ke dapur beberapa saat, mencari-cari sesuatu, kemudian pergi kembali menyeberangi bengawan. Di sini, seorang suami mengabdikan hidupnya untuk kuburan dan benda-benda pusaka yang tak kunjung tiba. Museum Trinil tempatnya bekerja telah ditinggalkan begitu saja. Ini berawal saat dia menuruni lembah berbatu di belakang museum itu. Dia menuju ke aliran Bengawan Solo yang curam. Dari sana dia menghanyutkan diri hingga ke Tegal Rejo. Pertapaan pun dimulai hingga kini.
      Bayangan tentang sang suami menghablur. Sulastri kembali menatap hamparan laut. Burung-burung mengeluarkan bunyi cericitnya sambil menyambar-nyambar. Gelombang tiba-tiba datang. Laut Merah bergolak. Ada pulasan-pulasan dan gelembung udara naik ke permukaan. Makin lama makin besar. Sulastri terjingkat. Sesosok tubuh tiba-tiba merekah. Tubuh yang sering diingat sebagai sang penerkam sekonyong-konyong muncul dari dalam laut. Sulastri menjerit menyebut namanya.
      “Firauuun…!” 
      Ya, Firaun. Lelaki bertubuh gempal itu merayap menaiki tanggul. Otot-ototnya tampak kekar, wajahnya kotak, matanya cekung, dan tubuhnya cenderung pendek, serta dada terbuka. Dengan pakaian gemerlap yang menutup pusar hingga lutut Firaun  telah sampai di atas tanggul. Dia berdiri tegak sambil tertawa, mengibas-ngibaskan anggota badan. Di hadapannya, tubuh Sulastri bergetar. Sendi-sendinya seperti hendak rontok. Perempuan itu menoleh ke sana ke mari dengan tergesa, mencari-cari  orang yang dikenal sebagai penolong. Di pos sana ada polisi. Sulastri berteriak padanya untuk minta tolong. Tapi sang polisi tak memberi reaksi berarti, dia hanya melambaikan tangan beberapa saat seperti mengucapkan selamat tinggal, kemudian kembali masuk pos.      
       “Tak usah takut hai budak!” kata Firaun.
       “Aku bukan budak.…”
       “Ooo… siapa yang telah membayar untuk membebaskanmu? Semua adalah milikku. Semua adalah aku!”
       Sulastri tak menjawab. Dia terus melangkah mundur sambil memulihkan diri. Sementara Firaun menggerak-gerakkan lehernya untuk menghilangkan rasa penat. Sulastri dengan cepat berbalik arah dan berlari.
      “Hai, jangan berlari! Kau datang ke sini untuk menghambakan diri. Kau adalah budak milik tuanmu. Tunduklah ke hadapanku!”
       Sulastri terus berlari. Firaun melangkahkan kakinya, makin cepat dan cepat, lalu berlari. Bunyi mendebam terasa di atas tanggul. Dari kejauhan terlihat seperti gadis kecil dikejar oleh raksasa. Firaun menyeru-nyeru agar Sulastri berhenti, tapi yang dikejar tak menghirau. Jarak pun makin dekat. Sulastri makin memeras tenaga. Polisi penjaga pantai sudah pasti tak menolognya. Sementara Firaun melejit makin garang.  Sulastri meloncat dari atas tanggul.
     Sulastri terhenyak. Di depannya muncul seorang lelaki setengah tua, rambut putih sebahu, tubuh tinggi besar, berjenggot panjang. Lelaki itu mengenakan kain putih menutup perut hingga lutut. Ada selempang menyilang di bahu kanannya. Wajah tampak teduh. Tangan kanannya membawa tongkat dari kayu kering. Mulut Sulastri bergetar menyebut nama lelaki di hadapannya, “Ya, Musa….”
     Lelaki itu manggut-manggut. Tangan kirinya diangkat. Sementara Firaun yang tadi memburu tampak berdiri kokoh di atas tanggul. Angin bergolak di sana.           
       “Tolonglah saya, ya Musa,” pinta Sulastri.
       “Kau masuk ke negeri ini secara haram. Bagaimana aku bisa menolongmu?” jawab Musa dengan suara besar menggema.
       “Saya ditelantarkan suami, ya Musa.”
       “Suamimu seorang penyembah berhala. Mengapa kau bergantung padanya?”
       “Saya seorang perempuan, ya Musa.”
       “Perempuan atau laki diwajibkan mengubah nasibnya sendiri.”
       “Negeri kami miskin, ya Musa.”
       “Kekayaan negerimu melimpah ruah. Kau lihat, di sini kering dan tandus.”
       “Kami tidak punya pekerjaan, ya Musa.”
       “Apa bukan kalian yang malas hingga suka jalan pintas?”       
       “Kami menderita, ya Musa.”
       “Para pemimpin negerimu serakah.”
       “Kami tak kebagian, ya Musa”
       “Mereka telah menjarah kekayaan negeri untuk diri sendiri, keluarga, golongan, serta para cukongnya.”
       “Kami tak memperoleh keadilan, ya Musa.”
       “Di negerimu keadilan telah jadi slogan.”
       “Tolonglah saya, ya Musa.”
       “Para pemimpin negerimu juga tak bisa menolong. Kau hanya dibutuhkan saat pemilu. Setelah itu kau dijadikan barang dagangan yang murah.” 
        “Tolonglah saya, ya Musa….”       
        Sontak angin datang bergemuruh. Lelaki yang dipanggil sebagai Musa menghablur dalam pandangan Sulastri. Dari atas tanggul Firaun tertawa makin keras dan berjalan turun. Sulastri berlari kembali. Dia menuju ke polisi yang tadi dilihatnya. Langkahnya terasa lebih berat karena menginjak pasir. Dia terengah-engah sampai di depan sang polisi.
      “Wa maadzaa turiidiina aidlon?”  polisi bertanya apa lagi yang diinginkan  Sulastri.
      “Tolong… tolonglah  saya.…”
       Polisi menggeleng-geleng sambil menunjuk-nunjuk ke tempat lain. Di bawah sinar matahari Sulastri terus berlari menyisir bibir Laut Merah. Di belakangnya suara Firaun terdengar meraung-raung. Makin dekat dan dekat. Bunyi mendebam sudah  benar-benar di belakang Sulastri. Dan Firaun memang sudah hampir menangkapnya.   Tangan Firaun yang kekar meraih baju Sulastri dari belakang. Baju itu robek dan tertinggal di genggaman Firaun. Sulastri terus memacu langkahnya yang hapir putus. Firaun makin menggeram. Kali ini rambut Sulastri yang panjang dijambak dan ditarik kuat-kuat oleh Firaun. Rambut itu pun jebol dari akarnya.
       Saat Sulastri oleng dan kehabisan nafas, lelaki yang tadi dipanggil sebagai Musa tiba-tiba muncul lagi di hadapannya. Tapi kali ini hadir sebagai siluet yang samar. Sulastri meraih dan memeluknya sebagai jalan terakhir untuk menyelamatkan diri dari kejaran Firaun. Saat itu juga Sulastri merasakan ada benda di genggamannya. Makin nyata dan nyata. Benda itu  adalah tongkat. Sulastri memegang kuat-kuat dengan kedua tangannya.
       Angin bertiup  amat kencang mengelilingi tubuh Sulastri. Dia merasakan tubuhnya menjadi amat ringan. Ada kekuatan yang memompa dirinya. Sulastri berbalik arah. Ketika Firaun menyeringai dan hendak menerkam, perempuan itu memukulkan tongkatnya ke tubuh Firaun. Seperti sebuah tembikar yang pecah, tubuh Firaun jadi berkeping-keping di pasir. Tongkat itu terasa licin dan menggeliat lepas dari tangan Sulastri. Bersamaan dengan itu angin kencang mengangkut ombak ke daratan. Dari dalam laut Sulastri melihat semacam ular besar menjulur dan menyedot kepingan-kepingan tubuh Firaun. Dengan cepat binatang itu kembali ke laut dibarengi suara gemuruh. Makin jauh dan jauh.
       Sulastri mendapati dirinya bersimpuh di pasir pantai. Tongkat yang tadi dipegangnya ternyata tak ada. Ia bertanya pada diri sendiri, apakah ini hanya sebuah mimpi. Dipandangnya laut luas tak bertepi. Sulastri masih di sini, di tepi Laut Merah yang sepi, jauh dari anak-anak dan famili. Burung elang melayang tinggi di atasnya, memekik melengking ke telinga Sulastri. []          

Surabaya, September 2011                                                       


M. SHOIM ANWAR 
Lahir di Desa Sambong Dukuh, Jombang, Jawa Timur. Setamat dari SPG di kota kelahirannya, dia melanjutkan pendidikan ke IKIP Surabaya Jurusan Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia, kemudian diteruskan ke Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya untuk S-2 dan S-3. Dia pernah mengajar di SD, SMP, SMA, dan Perguan Tinggi. Dia juga pernah mengasuh acara sastra di radio (RKPD Jombang), anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur, ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur, dan redaktur majalah kebudayaan Kali Mas dan Kidung. Shoim  tiga  kali berturut-turut menjadi juara pada lomba menulis cerpen  yang diadakan Dewan Kesenian Surabaya (1988, 1989, 1990), dan beberapa  kali  menjuarai lomba penulisan cerpen dan esai yang diadakan Depdiknas (2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2007), serta mendapatkan Penghargaan Seni dari Gubernur Jawa Timur (2008). Cerpen-cerpennya dimuat dalam antologi berbahasa Indonesia, Inggris, dan Prancis. Kumpulan cerpennya: Oknum (Gaya Masa,1992), Musyawarah Para Bajingan (Gaya Masa,1993), Limau Walikota (ed., Surabaya Post, 1993), Pot dalam Otak Kepala Desa (Dewan Kesenian Surabaya, 1995), Bermula dari Tambi (ed., Dewan Kesenian Jatim, 1999), Soeharto dalam Cerpen Indonesia (ed., Bentang, 2001), Sebiji Pisang dalam Perut Jenazah (Tiga Serangkai, 2004), Perempuan Terakhir (Grasindo,  2004), Asap Rokok di Jilbab Santi (Jaring Pena, 2009).  Novelnya yang sudah dipublikasikan Meniti Kereta Waktu (SIC, 1999) dan cerita bersambungnya adalah Sang Pelancong, Angin Kemarau, Tandes, serta Elies. Di samping mengajar, Shoim banyak menulis di berbagai media massa, menjadi pembicara dan membacakan cerpen-cerpennya di berbagai wilayah tanah air, termasuk di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sumber cerpen: Horison Oktober 2011






ESAI DI BIBIR LAUT MERAH


Kritik Sosial Terhadap Pemerintah

Cerpen Di Bibir Laut Merah adalah salah satu karya dari M. Shoim Anwar. Cerpen ini menceritakan tentang seorang istri yaitu Sulastri yang ditelantarkan oleh suaminya, Markam yang suka menyembah berhala, maka Sulastri lebih memilih menjadi tenaga kerja di luar negeri untuk membiayai kebutuhan keluarganya. Namun seketika tokoh Fir’aun hadir untuk menindas Sulastri karena dianggap sebagai budak bagi Fir’aun, tak lama kemudian tokoh Musa hadir untuk menolong Sulastri dari kejaran Fir’aun.

M. Shoim Anwar adalah seorang penulis yang dapat dibilang cukup produktif dalam menghasilkan sebuah karya terbukti dalam tiga  kali berturut-turut ia menjadi juara pada lomba menulis cerpen  yang diadakan Dewan Kesenian Surabaya (1988, 1989, 1990), dan beberapa  kali  menjuarai lomba penulisan cerpen dan esai yang diadakan Depdiknas (2001, 2002, 2003, 2005, 2006, 2007), serta mendapatkan Penghargaan Seni dari Gubernur Jawa Timur (2008). Di samping pekerjaannya yang mengajar SD, SMP, SMA, dan Perguan Tinggi. Dia juga pernah mengasuh acara sastra di radio (RKPD Jombang), anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur, ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Jawa Timur, dan redaktur majalah kebudayaan Kali Mas dan Kidung, Shoim juga menulis di berbagai media massa, menjadi pembicara dan membacakan cerpen-cerpennya di berbagai wilayah tanah air, termasuk di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Karya sastra memang tidak pernah terlepas oleh realitas termasuk dalam cerpen Di Bibir Laut Merah. Dalam cerpen ini M. Shoim Anwar ingin menyampaikan kritikan keras terhadap bangsa Indonesia yang banyak mengirim tenaga kerja keluar negeri secara ilegal dan banyaknya kasus korupsi di Indonesia sehingga rakyat pun memilih jalan pintas sebagai tenaga kerja diluar negeri. Di Bibir Laut Merah merupakan tempat yang di kisahkan oleh Fira’un dan Musa dari Yaman sampai Yordania, sudut pandang yang dilakukan oleh penulis adalah sudut pandang ketiga yaitu orang serba tau atau sebagai pengamat karena orang ketiga ini sangat mengetahui perasaan Sulastri ketika ia bertemu dengan Fir’aun dan Musa, kemudian saat berhadapan dengan polisi penjaga pantai dan perasaannya ketika ia dan anak-anaknya ditelantarkan oleh suaminya.

Segi menarik pada cerpen Di Bibir Laut Merah yaitu terdapat pada penokohannya karena Shoim memunculkan tokoh yang bernama Fir’aun dan Musa sebagai pemunculan konflik dan mempertegas latar tempat Timur Tengah yang memang terdapat pula kisah nyata dari mereka yang sekarang telah menjadi bagian dari sejarah. Fir’aun digambarkan sebagai seorang yang mempuyai otot yang tampak kekar, wajahnya kotak, matanya cekung, dan tubuhnya cenderung pendek, serta dada terbuka dengan pakaian gemerlap yang menutup pusar hingga lutut, maka Fir’aun digambarkan sebagai penguasa serakah yang hanya mementingkan kebahagiaan mereka sendiri, menjarah kekayaan negeri untuk diri sendiri, keluarga dan para cukongnya, menjadikan warga masyarakatnya sebagai budak yang hanya dibutuhkan saat pemilu saja. Sedangkan Musa digambarkan sebagai seorang penolong Sulastri dari kejaran Fir’aun dan yang menyadarkan Sulastri tentang kehidupannya di Indonesia bersama suaminya dan tentang pemerintahan Indonesia yang serakah dan suka menjarah kekayaan di negerinya sendiri.

Beberapa konflik yang  juga merupakan bagian menarik yaitu tentang pemerintahan yang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memikirkan rakyatnya yang telah memilih para pemimpin namun seketika itu rakyat pun ditelantarkan setelah pemimpin terpilih, kemudian sebuah keadilan yang seharusnya dijunjung tinggi kini hanya dijadikan sebuah slogan. Serta terjadinya tindak korupsi antara para petinggi negeri, hal ini diungkapkan saat percakapan antara Musa dengan Sulastri. Dalam cerpen ini M. Shoim Anwar menggambarkan tindak korupsi terjadi ketika perantara dan polisi setempat bekerjasama untuk menangkap orang-orang seperti Sulastri dan mendapatkan uang setidaknya seribu real per orang, kemudian menyerahkan mereka pada kedutaan untuk di deportasi. Hal ini merupakan realitas dari seluruh negara yang makin memburuk dan tetap menindas rakyat tanpa pandang bulu.

Pesan yang dapat kita ambil dalam cerpen Di Bibir Laut Merah adalah bagaimana cara kita untuk menjadi seseorang yang mempunyai keperibadian yang baik yaitu dengan tidak hanya bergantung kepada orang lain tetapi juga berusaha, karena laki-laki dan perempuan dapat mengubah nasibnya sendiri dengan berusaha semaksimal mungkin maka Allah akan membantu umatnya yang sudah berusaha, kemudian menegakkan keadilan bagi diri sendiri maupun orang lain tidak hanya sebagai selogan tetapi harus dilaksanakan dengan keteguhan hati agar dapat membedakan hak bagi diri sendiri maupun hak bagi orang lain.
Tema yang terdapat pada cerpen Di Bibir Laut Merah adalah sebuah kritikan sosial terhadap para pemimpin negeri yang yang hanya memikirkan dirinya sendiri tanpa memperhatikan kehidupan sosial dan ekonomi rakyatnya serta banyaknya pengiriman tenaga kerja ilegal yang dilakukan oleh banyak pihak. Kritikan sosial ini digambarkan ketika percakapan Musa dengan Sulastri dan Musa yang menolong Sulastri dengan memberikan tongkatnya untuk terlepas dari jeratan Fir’aun. Tongkat tersebut merupakan simbol dari agama, jika kita percaya kepada Allah maka akan dilindungi dan selalu mendapat pertolongan dari Allah dan kita akan diselamatkan dari macam bentuk kejahatan, sehingga kita mendapatkan kehidupan yang lebih baik, kebahagiaan didunia dan diakhirat serta peduli dengan sesama manusia.

0 komentar:

Posting Komentar