Minggu, 29 Juni 2014

Pengajaran Sastra dalam Kurikulum 2013

Pengajaran Sastra dalam Kurikulum 2013
Prof. Dr. Atmazaki, M.Pd.


A.    Resume
Adanya kurikulum 2013 ini banyak yang mengaggap sulit maka ada yang menerima dan ada yang tidak menerima kurikulum ini. Secara teks kurikulum 2013 ini sudah bagus tinggal bagaimana kita mengaplikasikannya di sekolah. Yang menjadi persoalan guru dengan kurikulum 2013 adalah kurang cermatnya guru membaca kurikulum 2013 dengan baik, maka banyak guru yang tidak mengerti akan kurikulum 2013 ini.
Terdapat 5 indekasi pendekatan ilmiah pada kurikulum 2013 yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasikan/ mengelola informasi dan mengomunikasikan.
Ada  8 kompetensi untuk belajar teks, mulai dari memahami sampai menganalisis hingga menghasilkan. Teks sastra itu berbeda dengan teks biasanya, maka murid harus diperkenalkan, diperlihatkan strukturnya kemudian dilatih cara membuat teks sastra tersebut.
Lalu bagaimana cara memancing siswa agar mereka mempunyai rasa ingin tahu terhadap teks sastra? Kita melatih mereka dengan menunjukannya cerpen, lalu kita menyuruh mereka agar membaca cerpen tersebut. ketika membaca kita melatih mereka membuat pertanyaan-pertanyaan, kemudian pertanyaan itu mereka jawab sendiri lalu menyampaikannya.
Kemudian penilaian otentik/ alternatif ini lebih dekat hubungannya dengan realitas berbahasa atau komunikasi. Siswa langsung menggunakan bahasa sebagaimana terjadi dalam kehidupan sehari-hari (situasi otentik). Dengan menggunakan penilaian alternatif, guru semakin memperhatikan hubungan antarunsur sastra: tokoh, latar, budaya, dan lain-lain. Jika menggunakan penilaian alternatif, pembelajaran terlihat lebih terpadu dengan penilaian dan guru lebih mungkin untuk mengukur kemahiran bersastra siswa.

Selain pembelajaran di kelas, guru dan sekolah perlu menyediakan bermacam kegiatn yang memungkinkan siswa membaca, menulis, dan berdiskusi tentang sastra. Kegiatan ini akan membentuk sikap dan meningkatkan minat dan motivasi dalam bersastra.

0 komentar:

Posting Komentar