Sabtu, 05 Juli 2014

Wacana II

Nama                  : Rifqi Faizah
NIM/Kelas         : 1111013000110 / PBSI- 6 C
Tugas                   :Wacana
1.     Keberhasilan argumentasi dapat dipengaruhi oleh ethos, phatos, dan logos.
1.     Ethos yaitu keperibadian.
2.     Phatos yaitu cara menyampaikan.
3.     Logos yaitu inti argumentasi.

Contoh:   Pilih helm? Ingat UJ. U= utamakan keselamatan, J= Jelas dong GM emang helm gaul. Yuk pakai helm GM insya allah aman dan selamat. Helm GM.. Gaul Men
-         Iklan tersebut di sampaikan oleh Alm.Ustad Jefri yang mempromosikan helm GM terbaru pada tahun 2012.
-         Ethos yang ditunjukkan oleh Ustad Jefri adalah keperibadian yang baik karena Ustad Jefri merupakan seorang Ustad dan sebagai orang yang terpandang akhlak dan budi pekertinya.
-         Kemudian phatosnya yaitu cara menyampaikan argumentasi Ustad Jefri sangat santai dan dapat di telaah dengan mudah bagi yang melihat iklan tersebut.
-         Lalu logos yang merupakan argumentasi dari iklan tersebut yaitu Ustad Jefri mencoba meyakinkan bahwa dengan memakai helm GM yaitu helm gaul dapat dipakai oleh semua usia dan memakai helm GM berkendara pun akan lebih aman dan selamat.

2.   produsen teks kadangkala melakukan perspektivisasi yang bisa jadi dilakukan melalui vision (penilaian ideologis), empathy (tingkat pengetahuan), dan focalization (tingkat keterlibatan). 

a.     Budi menceraikan Wati hanya karena ingin menikahi teman kerjanya. Semua laki-laki memang brengsek!
b.     Hanya karena ingin menikah dengan teman kerjanya, Lelaki yang berasal dari Jakarta itu, katanya bernama Budi, menceraikan istrinya.
c.      Akhirnya kami bercerai. Laki-laki brengsek itu lebih suka menceraikan aku daripada harus beristri dua. Padahal, tidak ada masalah bagiku dengan poligami.

1.     Vision (penilaian ideologis). Informasi yang dihadirkan dari sudut pandang ideologis tertentu
-         Dari contoh di atas informasi yang ingin disampaikan yaitu Budi yang berasal dari Jakarta, ingin menceraikan Wati isterinya, karena laki-laki brengsek itu ingin menikah dengan teman kerjanya.
2.     Empathy (tingkat pengetahuan). Untuk menggambarkan tingkat pengetahuan yang dimiliki penutur dalam mengidentifikasi objek atau orang di dalam kalimat.
-         Budi menceraikan Wati.
-         Lelaki yang berasal dari Jakarta itu menceraikan istrinya.
-         Laki-laki brengsek itu menceraikan Wati
3.     Focalization (tingkat keterlibatan). Untuk menggambarkan apakah si pencerita terlibat langsung di dalam sebuah peristiwa atau tidak.
-         Pada contoh di atas tingkat keterlibatan pada contoh yang B yaitu narator tidak terlibat langsung dalam cerita tersebut, karena memakai katanya pada kalimatnya “katanya bernama Budi” jadi narator tidak terlibat melainkan hanya diceritakan saja.
-         Namun pada contoh C narator terlibat langsung pada peristiwa tersebut karena ia yang merasakannya sendiri. Dan terdapat kalimat “menceraikan aku daripada harus beristri dua” maka kata aku itulah yang mendukung bahwa ia terlibat pada peristiwa tersebut.

3.     Apa yang Anda ketahui tentang deiksis?

Deiksis berasal dari bahasa Yunani mempunyai makna memperlihatkan dan menunjukkan. Menurut kamus Linguistik, deiksis yaitu hal atau fungsi yang menunjuk sesuatu di luar bahasa. Jadi deiksis dapat menunjukkan ruang dan waktu bedasarkan saat tuturan itu terjadi dan langsung merujuk pada situasi wacana yang terkait konteks tersebut.

Contoh: Hari ini bayar, besok gratis.
-       Dari contoh kalimat di atas merupakan kalimat yang tidak jelas. Kapan yang dimaksud dengan hari ini dan besok tidak dijelaskan.
-       Semua kata dan frasa yang tidak jelas pada kalimat di atas dapat diketahui jika konteks kalimat tersebut disertakan. Dalam pragmatik kalimat di atas wajar hadir di tengah pembicaraan karena konteks pembicaraan sudah disepakati antara si pembicara dan lawan bicara.

4.     Salah satu fenomena pragmatik dalam wacana adalah relevansi. Salah satu tesis utama dari teori ini adalah bahwa setiap tindakan komunikasi bersifat ostensif, dan bahwa dalam komunikasi selalu terjadi perluasan wilayah kognitif. Jelaskan persoalan ini dengan menggunakan contoh yang Anda temui sehari-hari.

Contoh: Harap matikan mesin kendaraan anda jika mengisi bensin.
-       Dari cotoh di atas, pengirim pesan dapat memperkirakan reaksi penerima pesan terhadap pesan yang ingin disampaikannya yaitu tidak perlu mematikan mesin kendaraan jika sedang tidak mengisi bensin.
-       Jadi komunikasi bersifat ostensif yaitu tindakan yang diungkapkan secara jelas oleh penuturnya. Dalam contoh di atas komunikasi ostensifnya yaitu ketika memberitahukan “Harap matikan mesin kendaraan anda jika mengisi bensin”. Sedangkan untuk perluasan wilayah kognitif yaitu ketika si penerima pesan memproses informasi mencangkup pengetahuannya, yaitu
1.     Mesin kendaraan mobil dan motor
2.     Jika mesin tidak di matikan maka akan terjadi kebakaran

5.     Argumentasi menurut Toulmin terdiri setidaknya atas klaim, data, dan warrant. Jelaskan dan berikan contoh.

1.     Klaim adalah argumen yg merupakan motivasi gagasan atau klaim.
2.     Data adalah gagasan yang dinyatakan melalui statemen lain.
3.     Warrant adalah hubungan argumentatif antara klaim dan data

Contoh: Lindungi rambutmu dari kerusakan akibat sengatan matahari dan berkilaulah. Sunsilk blacksine baru kini dengan UV protector membantu melindungi rambutmu akibat dari sengatan matahari dan menambah kilau rambut hitammu.
-         Klaim pada contoh di atas yaitu Sunsilk blacksine baru kini dengan UV protector membantu melindungi rambutmu akibat dari sengatan matahari dan menambah kilau rambut hitammu. Karena kalimat tersebut merupakan gagasan iklan dari Sunsilk blacksine.
-         Sedangkan data pada contoh di atas yaitu lindungi rambutmu dari kerusakan akibat sengatan matahari dan berkilaulah. Karena kalimat tersebut merupakan gagasan yang diungkapkan dengan statemen lain.
-         Dan warrant dari contoh kalimat di atas terdapat hubungan antara data dan klaim yaitu jika rambutmu tidak dilindungi maka akan rusak akibat sengatan matahari dan jika memakai shampo ini maka rambutmu akan berkilau. Lalu dijelaskanlah shampo tersebut bermerk Sunsilk blacksine, shampo ini di dukung dengan UV protector yang membantu melindungi rambut akibat sengatan matahari dan menambah kilau rambut hitammu.

0 komentar:

Posting Komentar