Selasa, 27 Mei 2014

Kekejaman Masa Penjajahan Jepang di Indonesia yang Termuat dalam Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma


Kumpulan karya Idrus yang berjudul Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma merupakan suatu terobosan baru yang di dalamnya terdapat cerpen, naskah sandiwara maupun novel. Dalam kumpulan karya Idrus, ia menulis tiga bagian penting yaitu yang pertama sebelum kemerdekaan, lalu yang kedua coret-coret bawah tanah dan yang ketiga yaitu tentang sesudah kemerdekaan atau sesudah 17 Agustus 1945.
Dalam menulis karyanya Idrus memotret kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Jepang hingga selepas kemerdekaan. Bila di baca setiap cerpen demi cerpen, naskah sandiwara maupun novelnya terdapat sesuatu yang ingin ditonjolkan oleh Idrus semasa zaman penjajahan Jepang. Ketika cerpen Ave Maria yang masih kuat penceritaannya dan Idrus memperlihatkan gaya romantismenya yang bercerita tentang cinta segitiga antara Watini, Zulbahri dan Syamsu dan gaya penceritaannya masih romantisme ketika naskah sandiwara yang berjudul Kejahatan Membalas Dendam yang bercerita tentang cinta segitiga juga. Namun dalam Kejahatan Membalas Dendam, Idrus menyisipkan tentang penjajahan Jepang terhadap Indonesia yaitu ketika Jepang melakukan pemerasan terhadap segala sumber kekayaan yang terdapat di Indonesia dalam bidang pertanian yaitu padi. Rakyat dipaksa untuk menyerahkan panen padinya kepada pemerintah Jepang. Dalam dialog,
Perempuan tua: Bukan. Hasilnya bukan kepunyaanku. Hasilnya diserahkan kepada pemerintah. Aku tidak tahu untuk apa. Akan tetapi, setiap padi selesai disabit, kuco datang mengambilnya. Untuk pemerintak katanya. (Idrus, 2010:24)
Hal tersebut membuktikan bahwa Jepang hanya memperalat Indonesia untuk kepentingannya sendiri dengan janji-janji akan kemerdekaan Indonesia. Kemudian pada bagian Coret-Coret Bawah Tanah Idrus sudah mendeskripsikan ceritanya dengan gaya yang realis, pada cerpen Kota-Harmoni terdapat deskriminasi yang sangat menonjol antara orang Jepang dengan Indonesia yang terjadi di dalam trem,
Tiba di sana ia melihat dengan marah kepada kondektur dan katanya, “AH, berlahak betu;. Sedikit saja dikasih Nippon kekuasaan sudah begitu. Sama orang tua berani. Tetapi coba kalau orang Nippon, membungkuk-bungkuk. Bah!” (Idrus, 2010:77)
Dengan demikian hanya orang Jepang saja yang boleh menduduki kelas 1 sedangkan orang Indonesia hanya boleh di belakang yang penuh sesak, bau keringat dan terasi. Idrus menceritakan kekejaman Jepang pada cerpen Jawa Baru yang tergambar jelas penderitaan yang dialami oleh rakyat Indonesia. Banyak yang mengeluh kelaparan karena susahnya mendapatkan beras, tiap-tiap kota di Indonesia merasakan hal yang sama. Wanita-wanita menjual tubuhnya demi mengisi perutnya yang kosong, banyak yang mati karena kelaparan pula.
Setiap pagi kelihatan di Noordwijk anak-anak miskin berbaris ke rumahnya dari gereja. Muka mereka itu semua pucat, badannya kurus ... kurang makan. (Idrus, 2010:85)
Rakyat Indonesia sedang kesusahan akan beras untuk mengisi perutnya yang kelaparan sedangkan jika Tokyo memerlukan beras selalu saja dikirim duluan dan diutamakan pemerintah. Hal ini yang membuat rakyat Indonesia sangat melarat dan banyak yang mati di jalan-jalan karena kelaparan. Kemudian keterasingan rakyat Indonesia pada negerinya sendiri yang tergambar pada Sanyo, di mulai dengan debat kusir antara pedagang kacang dan pedagang es lilin yang mempermasalahkan arti Sanyo yang mereka dengar diradio, si tukang kacang berpendapat bahwa Sanyo adalah seorang yang hobinya berkorupsi dan suka mencatut apa yang di miliki rakyat Indonesia. Akhirnya perdebatan itu berhenti ketika datang seorang lelaki dan membeli kacang, setelah bertanya lelaki tersebut marah,
“Apa katamu? Engkau jangan menghina Dai Nippon ya. Engkau tahu siapa ini? Mata-mata ini. Ayo mari ke kantor polisi. Jahanam.” (Idrus, 2010:93)
Hal ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia yang tidak tahu menau namun langsung dijebloskan kedalam penjara. Keterasingan ini juga di gambarkan pada cerpen Fujinkai yang menceritakan para anggota Fujinkai harus merogoh uang yang lebih untuk merayakan perang Nippon dengan Amerika.
“.... genap sudah tiga tahun Nippon mengumumkan perang kepada Amerika dengan menggempur Hawai.... acara rapay ini ialah meminta kemurahan hati Nyonya-Nyonya, memberi ala kadarnya sejumlah uang....” (Idrus, 2010:97)
Kemudian pada bagian ketiga yaitu sesudah 17 Agustus 1945, Idrus mengkritisi rakyat Indonesia yang terlalu senang dan bahagia dengan uforia kemerdekaannya. Namun di dalamnya sendiri Indonesia masih sangat terpuruk seperti cerpen Kisah Sebuah Celana Pendek yang menceritakan seorang berkehidupan yang kurang mampu tetapi ia bangga mempunyai celana 1001 made in Italia,
Ia dilahirkan dalam kesengsaraan, hidup bersama kesengsaraan. Dan meskipun selana 1001-nya lenyap menjadi topo, Kusnoakan berjuang terus melawan kesengsaraan, biarpun hanya untuk mendapatkan sebuah celana kepar 1001 yang lain. (Idrus, 2010:115)
Kemudian Idrus menulis novelet Surabaya yang ikut masuk dalam kumpulan karya Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma ini tidak memakai tokoh utama yang menceritakan para pemuda Surabaya berjuang mati-matian untuk mempertahankan kotanya walaupun perut mereka lapar bukan main tapi semangat mereka tetap membara. Surabaya ini disebut dengan 10 November yaitu hari pahlawan. Tetapi penderitaan rakyat kerena sekutu di Surabaya tergambar dengan kesusahan yang masih dirasakan rakyat Indonesia meskipun sudah merdeka,
.... baik tua maupun muda semuanya menderita karena kekejaman Sekutu saat itu. seorang perempuan tua menjadi gila. Ia sebenernya tidak mau melarikan diri.... (Idrus, 2010:120)
Dalam keadaan yang sudah merdeka sekalipun orang-orang di Surabaya masih sangat menderita dengan keadaan Sekutu yang terus menekan rakyat Indonesia saat itu. Banyak dari mereka yang menjadi pelarian dari Surabaya, hidup dengan susah banyak dari mereka yang menjadi gila mati kelaparan dan sangat mengenaskan.
Dan cerpen pada Jalan Lain ke Roma yaitu mengisahkan tentang seorang bernama Open yang menemukan tentang kebenaran dalam hidup dengan cara yang sangat panjang. Open merupakan orang yang sangat jujur dan mempunyai prinsip berterus terang, prinsip itu yang ia pegang selama hidupnya. Perjalanan hidupnya sangat panjang dimulai dari menjadi guru disekolah rakyat, kemudian menjadi mualim, lalu pengarang dan menjadi tukang jahit. Saat menjadi pengarang Open sempat masuk penjara karena tulisannya menghina Jepang
Open diminta datang di Kenpeitai. Disini ia tidak ditanyai baik-baik, tetapi segera dipukul dan di paksa mengaku bahwa karangan itu adalah serangan atas Teno Haeka. (Idrus, 2010:165)
Padahal Open tidak tahu menau tentang Teno Haeka karena Open hanya mengaran sesuai dengan hatinya. Lalu setelah Indonesia merdeka Open dibebaskan kemudian menjadi tukang jahit.
Waktu revolusi mulai tenang, Open terpaksa mencari pekerjaan untuk hidupnya. Ia mendapat pekerjaan mula-mula sebagai penolong tukang jahit, tetapi kemudian ia lekas pinta menjahit sendiri. (Idrus, 2010:168)
Sampai pada akhirnya dia menemukan makna hidup yang sebenar-benarnya bahwa dia hidup untuk menjalankan perintah Allah.

Jadi pada masa penjajahan Jepang, rakyat Indonesia banyak yang menderita dan memperalat rakyat Indonesia untuk kepentingannya sendiri. Dengan janji-janji yang dibuat Jepang untuk memerdekakan Indonesia maka rakyat Indonesia pun mengikuti semua aturan dan pemerintahan Jepang. Namun pada akhirnya rakyat Indonesia pun mengerti akan kedatangan Jepang ke Indonesia dan pada akhirnya terdapat revolusi besar-besaran yang terjadi di Indonesia. Indonesia pun merdeka tetapi masih banyak rakyat Indonesia yang kurang mengerti akan arti dari kemerdekaan itu sendiri.

1 komentar:

  1. http://nalurerenewws.blogspot.com/2018/08/taipanqq-anda-harus-berhenti-bersikap.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus